Ocehan Bagyo GOLPUT

Ocehan Bagyo GOLPUT

Fulan : “Pemilu besok jagoan lu apa men?”
Bagyo : “Pilihan ane udah jelas men, Partai Putih!”
Fulan : “Apee? Lu mau GOLPUT, AJE GILEE LU!”
Bagyo :“Lhah? Kenape bro?
Fulan : “Ya iyalah lu gila, masak lu mau nyia-nyiain kesempatan untuk memperbaiki negara ini?, perasaan ane lu paling banter deh giliran kritik pemerintah?”
Bagyo : “Ah, elu men, kayak kagak tau aja partai politik sekarang ini!”
Fulan : “Iya sih, ane ngerti banyak yang terindikasi korupsi, tapi masak iye langsung nyerah gitu aje? Diem kagak ngapa-ngapain?”
Bagyo : “lhah? Siapa yang diem? emangnya yang GOLPUT selalu apatis gitu men? Kagak punya perhatian pada politik gitu?”
Fulan : “lha iye? Emang gimana lagi?”
Bagyo : “nah, elunya aja jadi bingung ane tanya, makanya jangan suka generalisir gitu dong. .ada juga GOLPUT tapi Berpolitik”
Fulan : “Iye, maaf deh, trus gimana jadinya?”
Bagyo : “jadi gini, kita tau sendiri lah fenomena GOLPUT adalah akibat, dan yang namany akibat pasti dong ada penyebab?”
Fulan : “iye,ane paham, karena partai yang jadi kandidat semuanya tidak bisa menjalankan amanah yang diberikan dengan baik kan?”
Bagyo : “iye betul, makany masyarakat kemudian merasa ikut memilih dalam pemilu pun tiada ada hasilnya”
Fulan : “iye, ane juga ngerti yang itu men, maksud ane yang tadi katanya ada GOLPUT tapi juga berpolitik itu apa maksudnye?”
Bagyo : “iye bentar, kagak sabaran banget lu men, jadi dalam GOLPUT sendiripun ada banyak sempalan-sempalan gitu men, ada aliran apatis, ada aliran materialistis, ada juga karena Ideologis (alasan paradigma)”
Fulan : “Yang pertama ane tahu men, yang apatis itu karena kecewa kan? Trus mereka jadi semacem alergi sama partai dan atributnya? Iya kan? Terus yang lainnya itu apa maksudnye?”
Bagyo : “Iye elu bener men, yang apatis itu yang kecewa sama budaya politik di Indonesia, tapi kagak punya langkah buat benerin tu politik, jangankan langkah, konsep yang bener saja juga kayaknya mereka kagak punya.”
Fulan : “ok, terus?”
Bagyo : “Yang materialistis, itu sebenernya adalah kaum apatis yang manfaatin politik demi meraup keuntungan (uang) sebanyak-banyaknya, yang nipu-nipu kandidat partai, yang ngambil duit suap (jual-beli suara) dari semua kandidat tapi akhirnya kagak milih juga waktu pemilu, mereka punya prinsip “daripada nanti kita yang dikibulin (dibohongin), mendingan kita yang ngibulin mereka sekarang” biasanya mereka ngomong gitu sambil kipas-kipas duit, hehe. . .”
Fulan : “Oh iya, ane juga kadang nemu yang begituan waktu cangkrukan di warkop, trus yang Ideologis itu apa maksudnye?”
Bagyo : “nah yang ideologis ini yang menarik buat dibahas, soalnya ane juga sering sih ikutan kajian tentang ini, jadi yang ini GOLPUT  atas tuntutan paradigma keyakinannya, untuk paradigma sendiri nanti ada banyak, tapi kayaknya cukup yang memuat Ide ISLAM saja yang penting untuk dibahas”
Fulan : “Ide Islam gimane? Bukannya MUI udah fatwa haram buat GOLPUT? Ya, artinye GOLPUT tidak mungkin diajarkan dalam ISLAM.”
Bagyo : “nah, itu makanye elu harus baca banyak referensi dari segala sudut pandang”
Fulan : “ok, ok, terus?”
Bagyo : “ya intinya, mereka tidak ikut pemilu karena meyakini sistem Demokrasi adalah sistem yang buruk dan tidak berlandaskan tatanan yang shahih dalam syariat, kan kita tahu sendiri toh, pemilu diadakan untuk memilih wakil rakyat yang mampu merumuskan undang-undang atau peraturan bagi kehidupan masyarakat, nah aspek ‘membuat aturan sendiri’ inilah yang akhirnya tidak bisa dibenarkan oleh syariat.  Paham men?”
“krik. . krik. . krik.....”
Bagyo : “Kayakny elu bingung deh, ok, sederhananya, pemilu adalah keikutsertaan kita dalam memilih wakil yang bertugas untuk membuat dan menerapkan hukum selain hukum Islam, yaitu hukum yang bersumber atas dasar hawa nafsunya.  Yang begini kan bertentangan banget dengan ajaran Islam, yang mana Menetapkan hukum ialah Hak Allah SWT. Iya nggak men?”
Fulan : “iya bener juga sih, tapi kalau logika itu dipakai artinya bisa jadi, ikut dalam pemilu malah jadi haram dong men? Karena ikut memilih orang-orang untuk membuat hukum beserta hawa nafsunya? Waduh, kok tabrakan dengan fatwa MUI men?”
Bagyo : “Nah itu, elu udah dapet benang merahnya, sebenernya banyak men yang harus dikritisi dari pemerintahan ini dalam sudut pandang Islam, tapi kayaknya ane harus cabut nih, tapi inget ya, GOLPUT karena Ideologi ini tak sama dengan para apatis dan apatis materialistis, karena mereka selain mengkritisi pemerintahan, mereka juga punya konsep bagaimana seharusnya pemerintahan itu berjalan, tentu dalam koridor Islam men.”
Fulan : “Oh, jadi itu yang elu maksud dengan GOLPUT tapi berpolitik itu?”
Bagyo : “Bener banget men, tapi kayaknya ane kagak ada waktu buat jelasin sekarang, udah mepet juga nih”
Fulan : “Wah men, sayang banget men, udah segini jauh, emang elu mau kemana sih, buru-buru banget”
Bagyo : “Ane ada jadwal Halqoh men, ok ya bye-bye dulu”
Fulan : “Halqoh? Apa itu men? Apa maksudnye halqoh men? Jelasin dikit dulu napa. .”
Bagyo : “Besok – besok aja ye? Ane mau ngambil kitab dulu dirumah, perjalanannya juga agak jauh soalnye, belum lagi juga nyamperin temen dulu. Elu kemarin pan udah pernah ane ajak, tapi bilang kagak punya waktu melulu.”
Fulan : “iye dah, kemarin-kemarin kan ane sibuk, pacar ane lagi ngambek nih”
Bagyo : “Elu masih pacaran men? Hadeeeh, ane juga punya bahasan menarik tentang pacaran men, elu harus tahu itu”
Fulan : “Wah mantepp men, tips dan triknya ye? Asik banget tuh”
Bagyo : “Bukan men, tapi PACARAN ITU HARAM!!!”
“APAAA??!!!!”


0 Response to "Ocehan Bagyo GOLPUT"